Cara Membuat Favicon Blog Menggunakan Inkscape Dalam 5 Menit

Image : nyaritahu.com

Favicon atau dikenal juga sebagai favorite icon merupakan file yang digunakan sebagai ikon sebuah website dan biasanya file ini berjenis .ico / .png. Favicon ini berbentuk persegi dan berdimensi sangat kecil, umumnya berdimensi 228 x 228 pixel. Jika Sobat Tahu perhatikan, Favicon web Nyari Tahu adalah seperti ini



Apa itu Inkscape?

Inkscape merupakan software pembuat grafis vektor profesional yang bersifat free alias gratis. Sobat Tahu bisa mengunduhnya langsung melalui situsnya langsung disini.


Membuat Favicon Blog Menggunakan Inkscape

Agar Favicon yang kita buat nanti dapat diterima oleh blogger, tentu kita harus mengetahui dulu syarat diterimanya favicon kita. Menurut peraturan blogger, favicon kita haruslah berdimensi 228 x 228 pixel serta berjenis .ico atau .png. Sebenarnya .jpeg juga bisa, namun Kang Tahu tidak merekomendasikan menggunakan ekstensi ini karena akan kurang maksimal dibrowser internet. 

Oke langsung saja kita mulai, berikut langkah-langkahnya : 

1. Saya anggap Sobat Tahu sudah menginstal software Inkscape. Langsung saja jalankan software Inkscape yang sudah diinstal tadi. Lalu kita atur dulu ukuran gambarnya, dengan cara klik File lalu pilih Document Properties.



Kemudian atur jenis resolusinya menjadi px (pixel), lalu atur Width dan Height menjadi 228px dan jangan lupa ceklis Show Page Border. Setelah itu tutup jendela Document Properties.

2. Setelah itu akan muncul page bordernya. Sebelum membuat gambarnya kita aktifkan dulu fitur Guide-nya dengan cara klik Edit kemudian pilih Creates Guide Arround the Page. Sehingga tampilannya berubah menjadi seperti dibawah ini.



3. Aktifkan fitur Snap nodes, paths and handles. Kemudian Pilih Create rectangles and squares lalu mulailah membuat persegi dengan cara klik Tahan ada sudut kiri atas dari Page Border. Tarik hingga menyentuh sudut kanan bawah lalu lepas. Jika sudah, maka hasilnya akan seperti ini.


Sobat Tahu bisa mengganti warna dari gambar persegi yang dibuat dengan cara memilih warna di Colour Table.


4. Sobat Tahu bisa menambah logo blog/website baik berupa png ataupun jpeg. Dan letakkan tepat ditengah-tengah persegi.


Agar terlihat lebih rapi, klik gambar persegi lalu Tekan Tahan tombol Shift kemudian klik logonya untuk memilih kedua gambar tersebut. Setelah itu pilih Fitur Align and distribute objects, kemudian pilih Center on vertical axis dan Center on horizontal axis. Hasilnya seperti gambar diatas. Aturlah sesuka Sobat Tahu agar favicon yang dibuat menjadi unik dan keren untuk dilihat. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai logo atau gambarnya melebihi dari gambar perseginya.


5. Jika dirasa Sobat Tahu sudah cukup dengan hasil editannya maka saatnya kita Export favicon kita. Terlebih dahulu kita pilih gambar perseginya dengan cara klik, lalu pilih menu File kemudian Pilih Export PNG Image. Maka muncullah jendela Export, pada fitur Export As tentukan lokasi dan nama file dari favicon kita. Jika sudah langsung saja pilih Export.


Nah, favicon telah selesai dibuat. Langkah selanjutnya adalah mengganti favicon lama kita dengan yang baru kita buat. Caranya adalah Sobat Tahu login dan masuk ke halaman Blogger kemudial masuk ke Menu Layout klik Edit. Setelah muncul jendela Configure Favicon silahkan Sobat Tahu pilih file favicon kita tadi lalu klik Save.


Setelah melakukan pergantian favicon biasanya favicon blog/website kita tidak langsung berubah, harus menunggu sekitar kurang lebih sehari agar disetujui oleh pihak Blogger. Pengalaman Kang Tahu saja harus menunggu 1 hari, setelah itu favicon sudah berubah.

Bagaimana? Mudah bukan? Demikianlah Cara Membuat Favicon Blog Menggunakan Inkscape. Jika Sobat Tahu masih bingung, Sobat Tahu bisa bertanya dikolom komentar. Ingat, "Terus Nyari Tahu, biar banyak Tahu".


Comments


EmoticonEmoticon