5 Kelebihan Template Blog Premium


Image : pexels.com

Salah satu faktor yang membuat pengunjung menjadi betah berada diwebsite kita dan tinggal lebih lama adalah tampilan dari website itu sendiri. Jika website dengan tampilan yang terlalu polos dan minim fitur, akan membuat pengunjung menganggap website kita kurang profesional dan tidak menarik. Sebaliknya, jika website kita memiliki fitur/widget yang terkesan "rame" dan tidak rapi justru akan membuat website kita membutuhkan waktu yang lama untuk dimuat sehingga pengunjung menjadi tidak nyaman.


Menggunakan Template Gratis, Salahkah?

Saat ini, banyak sekali situs yang menyediakan template website/blog gratis dengan banyak pilihan dan variasi. Tidak ada salahnya menggunakan template blog gratisan, namun jika kita memilih template blog premium alias bayar tentunya ada nilai lebih dibandingkan template gratis. Terlebih lagi jika Sobat Tahu adalah blogger yang sudah memiliki rencana mengenai bagaimana kedepannya blog/website yang sobat punya.


Kelebihan Template Blog Premium

Beberapa keuntungan yang kita dapat jika kita menggunakan template premium, ini berdasarkan pengamatan Kang Tahu sendiri.

1. Fitur yang mewah
Keuntungan yang paling dirasakan adalah fitur mewah yang tidak dimiliki template gratis. Pada template gratis, biasanya sang developer hanya menyematkan fitur seadanya. Tidak seperti template premium, developer tentunya mempertimbangkan banyaknya fitur dan keunggulan agar dapat menjadi daya tarik bagi calon pembeli. Selain fitur yang lengkap kita juga diberikan kemudahan dalam kustomisasi.

2. Kemanan
Sebenarnya ini merupakan kelebihan template blog premium yang tidak kelihatan. Tetapi bagi para web developer akan mengetahui jika template gratisan terkadang tertanam kode berbahaya yang dapat menjadi ancaman besar untuk blog/website kita. Mungkin sebagian dari kita berfikir, bahwa menggunakan template gratisan adalah cara hemat untuk mendapatkan uang di internet tapi ternyata tidak. Jadi, apabila kita serius untuk menghasilkan uang secara online, maka kita harus mau menginventasikan uang untuk tujuan dalam bisnis online ini.

3. Customer Support
Sobat tidak perlu khawatir ketika Sobat Tahu mengalami kesulitan dalam menggunakan template yang telah dibeli, sang developer pasti dengan sigap akan membantu Sobat. Para pengembang tema beserta staf dukungan pelanggan akan memberikan solusi dan bantuan dalam hal tersebut. Tidak seperti template gratis yang biasanya tidak memiliki dukungan pengguna, jadi ketika terjadi error pada template maka kita harus memperbaikinya sendiri. 

4. Update Gratis
Yang sangat jelas terlihat perbedaan antara template gratis dan template premium adalah masalah update template. Pada template yang gratis biasanya jarang atau bahkan tidak di update sama sekali. Jika Sobat Tahu membeli template premium, sobat akan mendapatkan update terbaru jika developer melakukan penambahan fitur atau perbaikan jika terjadi error. 

5. Istimewa
Dan yang terakhir adalah istimewa, kenapa disebut istimewa? Karena untuk mendapatkan template premium, kita sebagai blogger harus membayar. Maka template premium akan lebih sedikit penggunanya dibandingkan dengan template yang gratisan. Pada template premium kita bisa mengkustomisasi template sehingga tampilan template kita lebih keren dan lebih unik.

Kesimpulan

Kita sebagai pemilik website harus memperhatikan performa website agar pengunjung tidak lari dan betah berkunjung. Jangan sampai kita salah dalam menggunakan template, karena tampilan website lah yang akan dinilai pertama kali oleh pengunjung. Terlebih lagi jika kita sudah serius untuk membangun sebuah blog untuk jangka panjang. Namun jika Sobat Tahu adalah blogger pemula dan tidak mau menghabiskan banyak uang, lebih baik pilih saja template gratisan. Tetapi kita harus puas dengan apa yang kita dapat dari template gratis tersebut.

Jadi bagaimana? Masihkah Sobat Tahu teguh pendirian dengan template gratisnya? Atau mulai goyah dengan dan berpindah hati ke template premium? Jika memang ingin serius, maka sekarang saatnya untuk melakukan upgrade.

Comments


EmoticonEmoticon