Tips Jitu Memilih Template Blog Yang Baik

Image : pexels.com
Memiliki blog dengan tampilan yang keren dan menarik merupakan keinginan setiap blogger. Dengan harapan blog yang kita miliki akan membuat pengunjung semakin banyak dan semakin betah membaca konten yang kita buat. Disadari atau tidak, bahwa salah satu betahnya pengunjung menelusuri isi blog kita adalah desain blog yang responsive, user friendly dan fast loading. Ada kalanya kita bingung, memilih sebuah template yang tepat untuk kita gunakan. Tentu kita sudah tahu bahwa template blog premium memiliki banyak kelebihan dibandingkan template blog gratis. Lalu, apa sajakah yang perlu diperhatikan sebelum membeli template premium?



Tips Memilih Template Blog Yang Baik

Sebelum sobat berencana untuk beralih dari template yang lama ke template yang baru, ada baiknya sobat perhatikan beberapa poin berikut untuk memastikan perubahan template memberikan dampak yang lebih baik.


1. Fast Loading

Pengunjung tentunya menyukai website ataupun blog yang memiliki page load time yang cepat. Page load time yang lama tidak hanya membuat pengunjung menjadi frustasi, namun juga dapat berdampak buruk pada peringkat blog kita di search engine. Bahkan Google sendiri menemukan fakta bahwa sebanyak 53% pengunjung situs akan pergi jika halaman web tidak dimuat dalam waktu tiga detik. Maka dari itu, kita harus mengutamakan kecepatan blog ketika memilih template. Adapun cara untuk memeriksa kecepatan template blog pilihan anda dengan mengunjungi situs GTmetrix.




2. Struktur dan Desain Template

Struktur template yang baik tentunya akan memudahkan kita dalam mengkustomisasi tata letak blog nantinya. Serta desain template yang sederhana akan membuat pengunjung betah berlama-lama di blog kita. Memilih template blog yang sesuai dengan topik yang dibahas pun menjadi faktor yang sangat penting.


3. Responsive

Template blog yang responsive adalah template yang bisa menyesuaikan tampilannya dengan berbagai ukuran perangkat yang digunakan. Di zaman modern ini, pengunjung blog tidak hanya menggunakan perangkat desktop sebagai media dalam berselancar didunia internet. Bahkan smartphone sudah dijadikan perangkat cadangan karena dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Sehingga template yang sudah mengusung "mobile friendly" menjadi nilai lebih dibandingkan template yang tidak ramah mobile.


4. Membeli Template Premium

Saya sangat menyarankan sobat semua untuk menggunakan template blog premium. Terutama bagi sobat yang benar-benar serius ingin menjadi blogger yang lebih profesional. Memang, template gratis masih menjadi primadona dikalangan para blogger. Namun sulit ditampik bahwa template premium memiliki segudang kelebihan yang tidak dimiliki oleh template gratis.


Lalu, dimanakah kita bisa membeli template premium? 

Berdasarkan pengalaman saya, saya sangat merekomendasikan IDNTheme.com sebagai pilihan. IDNTheme merupakan situs penyedia template blog baik gratis maupun yang premium. Sobat bisa berkunjung dan melihat langsung template gratis maupun premium yang dijual disana. Begitu banyak template dengan kualitas SEO yang baik, loading yang cepat, serta fitur-fitur lengkap dibalut dengan tampilan yang keren.

Bahkan website Nyari Tahu ini pun menggunakan salah satu template yang dijual di IDNTheme.com. Awal saya melihat, saya sudah langsung jatuh cinta pada template ini. Selain harga yang cukup terjangkau, tata letak yang ada pada template ini pun mudah dikustomisasi oleh blogger pemula seperti saya ini.


Kesimpulan

Memilih tampilan blog yang tepat merupakan kunci utama suksesnya sebuah blog. Meskipun mengganti template adalah hal mudah untuk dilakukan, namun ternyata banyak faktor yang harus diperhatikan. Template yang responsive, user friendly, serta page load time yang cepat menjadi tujuan utama kita dalam memilih template. Mengganti template yang bersifat premium tentu menjadi salah satu cara praktis dalam mempercantik tampilan blog. Lalu tunggu apa lagi? Segera lah ganti template sobat dengan template premium.



Comments


EmoticonEmoticon