Tips Jitu Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Image : pixabay.com

Memiliki bibir yang sehat adalah dambaan bagi setiap kaum hawa, karena memiliki bibir yang sehat dan lembab tentu akan terasa lebih nyaman, merasa percaya diri dan menarik untuk dilihat. Bibir tidak memiliki kelenjar minyak seperti bagian tubuh lainnya yang mampu melumasi diri sendiri, maka dari itu bunda harus lebih memperhatikan dan merawat bibir dengan baik agar tetap sehat.

Bibir kering dan pecah-pecah selalu menjadi kendala bagi setiap wanita, terutama membuat kita merasa tidak percaya diri saat berpenampilan, dan jika dibiarkan berlarut-larut dapat mengganggu kesehatan juga loh bunda. Jika bunda tidak pandai merawatnya, kulit bibir mungkin saja akan terlihat lebih gelap, mengelupas dan berdarah.

Ada banyak faktor yang menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah, beberapa diantaranya adalah karena kondisi lingkungan seperti cuaca atau suhu ruangan serta kondisi tubuh yang sedang tidak vit. Bibir kering juga dapat menjadi tanda bahwa tubuh sedang kekurangan asupan vitamin dan zat gizi.


Tips Jitu Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Bibir yang terawat tentu akan membuat bibir menjadi terlihat lebih indah dan menarik. Berikut ini tips agar bibir bunda tidak kering dan pecah-pecah.


1. Biasakan Sering Minum Air Putih

Cobalah bunda untuk membiasakan minum air putih terutama dua gelas sebelum dan sesudah tidur. Selain mencegah bibir kering, kebiasan ini juga dapat mencegah tubuh kita kekurangan cairan. Karena kekurangan cairan dapat mengakibatkan banyak hal yang mengganggu kesehatan dan kecantikan tubuh kita.


2. Makan Buah dan Sayur

Lengkapilah dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan serat dan cairan. Terutama buah dan sayur yang mengandung vitamin C. Pepaya, jeruk, apel, brokoli dan kubis merupakan contoh buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C.


3. Petroleum Jelly atau Vaseline Repairing Jelly

Produk pelembab kulit yang juga bisa bunda gunakan sebagai cara menghilangkan bibir kering dan pecah-pecah. Cara penggunaannya adalah oleskan Petroleum Jelly atau Vaseline Repairing Jelly pada bibir secara teratur. Selain itu gunakan ketika bunda akan pergi beraktivitas keluar atau sebelum dan sesudah menggunakan lipstik.


4. Gunakan Lipstip Secukupnya

Hindarilah menggunakan lipstick yang berlebihan atau menggonta-ganti lipstick terutama yang bersifat matte, karena dapat membuat bibir bunda semakin kering.


5. Hindari Kebiasaan Menjilat Bibir

Karena dengan kebiasaan ini justru akan membuat bibir bunda menjadi tidak lembab, air ludah membuat bibir mengalami penguapan semakin cepat dan menyebabkan bibir menjadi kering.


6. Jangan Menarik Kulit Bibir

Hindari menarik-narik kulit bibir yang mengelupas karena akan membuatnya berdarah. Jika bibir tampak mengelupas, oleskanlah dengan pelembab bibir yang sudah dijelaskan diatas. Setelah itu hapuslah dengan menggosoknya secara lembut menggunakan kapas atau bisa juga dengan menggunakan jari.


Kesimpulan

Bibir yang indah merupakan dambaan bagi setiap wanita, karena dapat menambah rasa percaya diri. Bibir yang kering dan pecah-pecah jika dibiarkan berlarut-larut dapat mengganggu kesehatan. Dan untuk mendapatkan bibir yang sehat tentu harus dilakukan perawatan. Jangan sampai bunda menyesal karena terlalu meremehkan bibir kering dan pecah-pecah.

Apabila bibir bunda mengalamai kondisi yang cukup serius dan tidak kunjung membaik, segeralah bunda pergi memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Demikian lah tips ampuh untuk membantu menjaga bibir bunda agar tetap sehat, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi bunda.
Comments


EmoticonEmoticon