9 Tips Menulis Cerpen Yang Baik Untuk Pemula

Image : pexels.com

Cerpen merupakan karya tulis yang isinya singkat, padat dan langsung pada tujuan. Berbeda halnya dengan novel yang memiliki tulisan dan isi yang panjang. Penulisan cerpen sangatlah dibatasi, yaitu tidak lebih dari 20.000 kata dan tidak kurang dari 1.000 kata.

Cerpen adalah karya tulis berbentuk prosa. Cerpen memiliki ciri, unsur dan perbedaan dengan karya tulis lainnya. Bagi pemula tentu bukanlah hal yang mudah untuk menciptakan sebuah cerpen agar terlihat menarik dan menghibur bagi para pembaca. Maka ada baiknya jika kamu mengetahui cara membuat cerpen yang baik dan benar.


Cerpen Mencakup Cerita Fiksi dan Non Fiksi

Ada dua jenis dari cerita pendek, yaitu :

1. Cerita Fiksi, adalah suatu karya sastra dengan isi berbagai macam cerita rekaan atau didasari dengan khayalan dan bukan berdasarkan atas kejadian nyata. Dapat disimpulkan bahwa cerita jenis fiksi ini berdasarkan cerita dari imajinasi pengarangnya saja.

2. Cerita Non Fiksi, merupakan suatu karya sastra yang berisi kejadian nyata. Pengarangnya bertanggung jawab memberikan kebenaran atau akurasi dari peristiwa, orang dan informasi yang diberikan.

Langkah yang paling penting dalam penulisan cerpen adalah mulailah menulis dengan niat untuk menghibur pembaca. Bukan berniat untuk mendapatkan penghasilan yang kamu inginkan dari menulis cerpen. Karena jika kamu sudah mempunyai niat seperti itu, maka tidak jarang kamu akan berhenti menulis jika cerpen kamu tidak diminati oleh para pembaca atau ketika kamu mendapatkan kritikan negatif.


Langkah-langkah Menulis Cerpen

Menulis cerpen tidaklah mudah, maka dari itu membutuhkan cara atau langkah yang benar dalam pembuatannya. Namun jangan khawatir, kami akan menjelaskan langkah-langkah dalam menulis cerpen yang baik dan benar untuk kamu yang masih pemula.


Pengalaman Pribadi

Untuk memulai menulis sebuah cerpen bisa didasari dari pengalaman seseorang. Mulailah dengan pengalaman pribadi kamu, sehingga kamu tidak perlu berlama-lama untuk menuangkan isi pemikiran kamu. Biarkanlah tulisan kamu mengalir apa adanya dari setiap kejadian yang kamu alami.


Tema

Pastikan kamu sudah memiliki tema untuk membuat cerpen. Tema merupakan suatu gagasan pokok atau ide pikiran tentang membuat suatu tulisan. Tema bisa diambil dari kisah hidup kamu ataupun teman kamu. Namun jangan salah kaprah, tema berbeda dengan judul, judul akan didapatkan dari tema yang sudah kamu buat.


Menulis Dibuku Catatan

Jangan mengetik langsung dikomputer kamu, mulailah menulis dibuku catatan. Sebab jika ada kesalahan dalam penulisan, kamu hanya tinggal mencoretnya dan tidak akan kehilangannya. Karena siapa tahu kamu akan memerlukannya untuk menyimpan ditulisan yang lain. Berbeda halnya jika kamu menulis dikomputer langsung, kamu mungkin akan menghapus setiap tulisan yang dianggap salah. Dan mungkin perlu berfikir kembali untuk mendapatkan kata-kata yang sudah kamu hapus tadi.


Ekspresikan Setiap Penulisan

Tuangkan semua ekspresi kamu saat menuli cerpen. Usahakan penulisan diawal paragraf dibuat semenarik mungkin, agar pembaca ingin terus melanjutkan cerita pendek kamu. Jangan dulu mengkoreksi kesalahan dalam setiap penulisan, karena itu akan membuat waktu penulisan menjadi semakin lama.


Menulis Dalam Satu Waktu

Jangan menunda-nunda untuk menulisa cerpen, pastikan selesai dalam satu waktu. Jika tidak, kamu akan menjadi malah untuk melanjutkannnya lagi dan ide yang tadinya terus mengalir difikiran kamu akan hilang.


Tentukan Tokoh

Pastikan kamu sudah memiliki siapa saja yang akan menjadi tokoh Protagonis dan Antagonis untuk membuat cerita pendek kamu semakin seru. Protagonis merupakan sebuah karakter yang menjadi pusat atau peran utama dalam cerita sedangkan Antagonis adalah karakter yang melawan karakter Protagonis dan biasanya memiliki sifat jahat serta sering membuat nilai-nilai negatif.


Judul

Setelah kamu menulis cerita dari tema yang sudah kamu tentukan diawal, kamu pasti akan menemukan judul yang tepat untuk cerita pendek kamu. Pastikan judulnya sangat menarik atau membuat orang penasaran sehingga ingin membaca cerpen kamu.


Periksa Kembali Dengan Teliti

Bacalah berulang kali cerpen yang sudah selesai kamu buat, untuk mengkoreksi penulisan yang kurang tepat menurut kamu. Karena itu merupakan langkah yang sangat penting, sebelum cerita pendek kamu dibaca oleh orang lain atau mengirimnya ke media cetak.


Bagikan Hasil Karya Kamu

Jika kamu sudah memeriksa karya kamu dengan baik dan benar, maka saatnya sekarang kamu membagikan hasil karya kamu ke khalayak ramai. Tapi sebelum itu mintalah orang terdekat untuk membacakan cerita pendek kamu, misalnya saja ibu ataupun teman. Agar kamu mendapatkan komentar atau saran untuk membuat cerpen kamu lebih baik, sebab orang terdekat selalu memberikan komentar yang jujur.

Namun jika komentar yang diberikan tidak sesuai, jangan pesimis dulu karena itu semua demi membangun karya tulis kamu menjadi semakin bagus. Setelah itu kamu akan timbul rasa percaya diri untuk menulis cerita pendek selanjutnya. Terkadang orang lain memberikan kritikan atau komentar yang kurang enak, namun bisa jadi mereka ingin melihat seberapa jauh kamu mampu melewati rintangan dalam membuat karya tulis cerpen yang baik.


Kesimpulan

Dalam penulisan cerpen yang menarik membutuhkan taktik untuk menulisnya. Karena cerpen yang menarik akan membuat pembaca semakin terhibur dan terus membaca karya tulis kamu. Ada berbagai macam cara dalam penulisan cerpen yang baik dan menarik. Ketika membuat cerpen, jangan khawatir tentang bagaimana orang lain menanggapi hasil tulisan kita.

Yang terpenting adalah menulis cerpen dengan hati serta tumbuhkan rasa percaya diri kita. Demikianlah beberapa tips dan teknik menulis cerpen bagi kamu yang masih pemula. Semoga informasi yang kami berikan ini bermanfaat bagi kamu.


Comments


EmoticonEmoticon