Melaporkan Duplikasi Artikel ke Google DMCA

Image : pexels.com

Sangatlah menjengkelkan tentunya jika artikel yang kita buat dengan susah payah, ternyata diduplikasi oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Pencurian artikel merupakan hal yang sering terjadi terutama didunia maya. Banyak orang yang dengan mudahnya melakukan pencurian artikel tanpa mengindahkan akibat dari hal tersebut. Kegiatan plagiarisme atau penjiplakan baik seluruhnya maupun hanya sebagian sangatlah merugikan si pencipta karya.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, terlebih lagi teknologi internet maka siapapun dapat dengan mudahnya melakukan akses kemanapun untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Dan mau tidak mau, kegiatan plagiarisme ini semakin marak dan tidak bisa dihindari. Terlebih lagi jika tidak adanya kesadaran dari pengguna internet terhadap kegiatan plagiarisme ini.




Dampak Buruk Plagiarisme

1. Reputasi Blog Semakin Buruk
Blog yang hanya berisikan artikel hasil duplikasi tidak akan diindex oleh mesin pencari google. Google lebih tahu, mana konten asli dan mana yang konten palsu/duplikasi. Awalnya mungkin anda tidak merasakan dampak ini, namun dalam jangka panjang blog anda akan semakin deindex oleh google atau bahkan blog anda akan dihapus secara permanen.

2. Kreatifitas Menurun
Melakukan duplikasi ini sangatlah mudah, hanya dengan Block, Ctrl+C kemudian Ctrl+V lalu publish, anda sudah menambah koleksi artikel diblog anda. Namun ketahuilah, hal itu tidak akan menambah kreatifitas anda.

3. Blog di Hapus Google
Jika suatu saat ada blogger yang mengetahui bahwa artikelnya telah kita duplikasi, kemudian melaporkannya ke Google bukanlah hal yang tidak mungkin blog kita dihapus oleh google. Yang awalnya artikel hasil duplikasi dihapus, kemudian semakin lama blog kita juga lah yang dihapus oleh google.


Laporkan ke Google DMCA

Kegiatan plagiarisme ini tidak hanya berdampak buruk bagi si pencuri, namun juga bagi si pemilik awal artikel. Sudah jelas, pembuat artikel sudah bersusah payah membuat sebuah artikel yang menarik untuk dibagikan kepada pengunjung blognya. Namun dengan mudahnya sipencuri melakukan duplikasi, itu sama saja ia tidak menghargai kerja keras pembuat artikel.

Dan bagi anda yang seorang pencuri artikel atau yang sering melakukan copy paste artikel milik orang lain, banyak dampak yang akan anda dapat dikemudian hari. Lalu bagaimana jika suatu hari kita menemukan blog yang telah menduplikasi artikel kita? Salah satu caranya yaitu dengan melaporkannya ke Google DMCA. Melaporkan pencurian artikel ke Google DMCA merupakan cara yang tepat agar si pencuri tersebut mendapatkan efek jera. Berikut ini adalah langkah-langkah melaporkan duplikasi artikel ke google DMCA.

1. Cek di Situs Copyscape
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah cek terlebih dahulu apakah ada blog yang melakukan duplikasi terhadap artikel blog kita dengan mengunjungi situs Copyscape. Input saja alamat blog anda dikolom Search, Kemudian klik Go.


2. Jika ditemukan situs yang melakukan duplikasi artikel anda, anda dapat laporkan situs tersebut ke Google DMCA supaya postingan tersebut dihapus oleh Google.

3. Kunjungi halaman pengaduan Google DMCA. Kemudian isi form-nya sesuai dengan gambar dibawah ini.

4. Isikan keterangan seperti gambar dibawah ini.

5. Kemudian isikan nama dan tanggal pelaporan.

6. Langkah terakhir yaitu kita menunggu laporan yang kita kirim untuk ditinjau oleh Goolge DMCA. Sobat bisa cek status pelaporan sobat di Dashboard DMCA. Biasanya lama peninjauan yang dilakukan oleh Google DMCA adalah satu minggu. Maka dari itu kita harus bersabar.


Kesimpulan

Apapun alasannya, kegiatan plagiarisme tidak dapat dibenarkan. Masih banyak cara halal dalam membuat blog kita ramai pengunjung. Artikel yang berasal dari ide, kerja keras, dan usaha kita sendiri tentunya akan ada kepuasan tersendiri yang kita rasakan. Hargailah hasil kerja keras orang lain, maka orang lain pun akan menghargai kerja keras kita. Jangan ragu untuk melaporkan blog yang telah melakukan duplikasi ke Google DMCA. Karena google lebih tahu, mana artikel yang benar-benar dibuat lebih dahulu meskipun tanggal postingan dirubah sekalipun.

Jika anda ngeblog untuk menambah wawasan, sebaiknya hentikanlah kegiatan plagiarisme. Mulailah membuat artikel atau postingan bermanfaat hasil dari kerja keras anda sendiri. Akan ada rasa kepuasan tersendiri jika menciptakan karya hasil dari pemikiran diri sendiri.
Comments


EmoticonEmoticon